Salam

Salam Ramadlan

7.23.2011

14 Cara untuk membuat Ramadhan jadi Istimewa bagi Anak-anak .



Hanya beberapa hari lagi, kita akan kedatangan tamu istimewa.
Tamu Agung yakni bulan ramadlan, untuk kita orang dewasa mungkin tidak begitu masalah,
tapi bagaimana bagi anak-anak?
selain faktor kecape-an, ada juga yang merasa malas dan tergoda dengan jajanan diluar.
nah untuk mengantisipasinya, mumpung masih ada sedikit waktu bagi kita untuk mempersiapkan anak-anak untuk puasa di Ramadhan.

Berikut adalah beberapa ide untuk membantu membuatnya istimewa tahun ini :

1. Mengadakan pertemuan keluarga dan membahas tentang Ramadhan

 Seminggu sebelum Ramadan, mengadakan pertemuan keluarga untuk menjelaskan apa Ramadhan adalah, bahwa hilal awal menunjukkan, apa yang Muslim lakukan dan bagaimana jadwal keluarga akan berubah. Juga meminta saran apa yang semua orang ingin lakukan selama bulan. Misalnya, apakah mereka ingin melakukan perjalanan di suatu tempat, makan jenis tertentu makanan, dll

2. Membuat ucapan Selamat Datang bulan Ramadlan dengan balon atau Spanduk.


 Katakanlah "Ramadhan Mubarak" dengan tarif pihak standar: balon, spanduk besar dan berlimpah dekorasi. Dapatkan anak-anak untuk membantu menghias tempat itu dan meminta ide dan saran mereka sehingga mereka merasa dilibatkan.

3. Ceritakan sebuah kisah Ramadhan selama tidur setiap malam 


Jangan hanya mengandalkan buku anak-anak tentang Ramadhan untuk berbagi cerita. Jelaskan apa yang Ramadan seperti ketika Anda masih kecil. Anda juga dapat membuat beberapa cerita dengan anak Anda sebagai karakter utama dalam petualangan Ramadhan!

4. Biarkan mereka cepat bahkan seperempat hari dan merayakan


 Anak-anak sering ingin secepat mereka melihat orangtua mereka dan saudara-saudara yang lebih tua. Tahun ini, biarkan mereka cepat untuk beberapa jam. Siapkan "Iftar" khusus untuk mereka ketika mereka berbuka puasa dengan beberapa makanan favorit mereka.

5. Membuat tas menjarah Ramadhan untuk kelas mereka


 Mendapatkan izin guru mereka untuk membuat tas menjarah dengan bulan Ramadhan Mubarak ditulis pada mereka untuk kelas. Mengisinya dengan permen, mainan kecil dan kartu kecil menjelaskan dalam dua atau tiga kalimat singkat apa Ramadhan. Mintalah anak Anda membagikan tas ke teman sekelas mereka.

6. Membuat presentasi tentang Ramadhan di kelas mereka 


Lihat artikel ini tentang bagaimana untuk melakukan hal ini.

7. Membuat seni dan kerajinan Ramadhan di rumah

 Seni adalah cara yang bagus untuk belajar lebih lanjut tentang Ramadhan. Memiliki anak-anak membuat bentuk yang berbeda dari bulan dan menunjukkan mana yang menunjukkan awal bulan, yang satu tengah dan yang satu akhir; membuat kolase dari beberapa makanan favorit mereka untuk berbuka, memiliki mereka membuat alas piring Ramadhan khusus untuk meja makan.

8. Membuat perjalanan keluarga keluar dari melihat bulan

 Setelah anak-anak mengenakan piama mereka, kawanan mereka ke dalam mobil dan membawa mereka ke mana umat Islam lainnya di kota ini berkumpul untuk melihat bulan Ramadhan. Lakukan hal yang sama di akhir bulan. Bawalah teleskop atau teropong.

9. Mengundang teman-teman mereka atas untuk anak-anak-hanya Iftar

 Biarkan anak-anak Anda datang dengan daftar tamu dan menu. Juga, mintalah mereka membuat beberapa makanan. Anda dapat memilih beberapa anak-ramah resep atau mereka dapat membantu dengan mempersiapkan bagian Iftar yang tidak memerlukan menggunakan kompor atau memotong dengan pisau.

10. Mintalah kakek-nenek atau anggota masyarakat atas untuk Iftar tua

 Setelah semua orang makan, mengadakan sesi bercerita di mana para tamu menggambarkan apa Ramadan seperti ketika mereka tumbuh dewasa. Mintalah mereka untuk menjadi deskriptif. Bagaimana waktu berbuka puasa diumumkan? Di beberapa negara, mereka menggunakan drum. Di tempat lain pengumuman verbal pada pengeras suara dibuat. Apa jenis makanan yang mereka makan? Permainan apa yang mereka bermain selama Ramadhan?

11. Membuat Ramadhan 2010 lembar memo

 Ambil banyak foto orang selama sahur (sekarang yang menghibur!) Dan waktu berbuka puasa, serta saat mereka sedang berpuasa dan potongan dekorasi yang digunakan, stiker yang menarik, dll untuk membuat lembar memo tentang Ramadhan ini. Setiap anak harus membawa tiga kenang-kenangan dia ingin memasukkan.

12. Ingat miskin

 Aturlah dengan anak-anak untuk sukarelawan di dapur sup selama beberapa jam pada hari Sabtu atau Minggu. Jika memungkinkan, cobalah untuk menemukan satu yang memiliki anak-anak sebagai klien sehingga mereka melihat bahwa orang dewasa tidak hanya, tetapi anak-anak seperti mereka juga menderita kelaparan.

13. Membuat dan mengirim kartu buatan Ramadhan

 Sebelum bulan dimulai, memiliki seni dan kerajinan sesi untuk membuat kartu Ramadhan Mubarak untuk saudara, kakek-nenek, bibi dan paman. Kirim kartu segera meskipun, waktu berjalan keluar!

14. Membawa mereka ke Tarawih doa sehingga mereka merasa bahwa mereka bagian dari komunitas

 Tidak ada yang mengajarkan semangat masyarakat seperti doa jemaat. Membawa anak-anak dengan Anda ke masjid untuk shalat Tarawih pada Jumat malam dan Sabtu ketika PR tidak masalah. Juga, meminta mereka untuk membawa beberapa dari uang saku mereka untuk memberikan dalam amal ketika mereka ada di sana.


sumber :
ILoveAllaah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cinta